VISI

Sebagaimana  Visi,  Misi  dan  Program  Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana  telah dituangkan  dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  th 2014 – 2019,  maka dalam penyusunan Rencana Srategis Satuan Polisi Pamong Praja tahun 2014 – 2019 mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten sebagaimana telah ditetapkan yaitu :

Ciamis Maju Berkualitas Menuju Kemandirian tahun 2019″

Adapun  keterkaitan  dengan  pelayanan  Satuan Polisi Pamong praja  dengan  Misi  Bupati dan Wakil Bupati Ciamis tercantum dalam Misi 2,  yaitu  “ Mewujudkan   tata kelola  pemerintahan yang efisien dan  efektif serta   penguatan kemitraan pemerintah  dengan dunia usaha  dan  masyarakat”  yang  dituangkan  dalam  Program-program sbb :

  1. Program Pemeliharaan Kantrantibmas dan Pencegahan Tindak  Kriminal
  2. Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan
  3. Program Pemberdayaan Masyarakat untuk menjaga Ketertiban dan Keamanan.

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis, dalam perencanaan strategis memerlukan keterpaduan antara profesionalisme sumber  daya  manusia  dan sumber  daya  lainnya,  agar  mampu menjawab tuntutan strategis, baik di daerah maupun nasional. Analisis terhadap lingkungan organisasi, baik internal maupun eksternal merupakan langkah penting dalam memperhitungkan kekuatan (strenghts), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Analisis terhadap unsur-unsur tersebut penting dan merupakan dasar bagi perumusan visi, misi dan strategi.

Analisis peluang juga menunjukkan selain ada komitmen yang tinggi dan sungguh-sungguh dari Kepala Daerah, DPRD, aparat keamanan dan aparat penegak hukum lainnya juga menggambarkan makin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendorong suasana tentram dan tertib serta penegakkan hukum. Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah kecenderungan  meningkatnya krisis kepercayaan dan menurunnya legitimasi pemerintah. Karena itu, prinsip pemberdayaan aparatur dan masyarakat untuk mendorong tumbuhnya partisipasi yang tinggi dalam penegakkan Peraturan Daerah, pemeliharaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta Perlindungan Masyarakat  merupakan prinsip yang harus dipenuhi dalam rencana masa depan.

Selain itu rencana strategis masa depan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis akan sangat dipengaruhi isue-isue lokal dan nasional yang kini berkembang , antara lain proses pembelajaran demokrasi, supremasi hukum dan HAM, letupan-letupan konflik yang terus menerus, kerusuhan di berbagai daerah dan pergeseran paradigma penyelenggaraan Pemerintahan  dari  pola sentralisasi menjadi desentralisasi, serta perubahan citra penegakkan hukum.

Berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam kondisi tersebut di atas dan mengacu kepada Visi dan Misi RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2014 – 2019, maka VISI Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis adalah:

“SATUAN POLISI PAMONG PRAJA MAJU BERKUALITAS MENUJU TEGAKNYA PERATURAN DAERAH, TERPELIHARANYA KETERTIBAN UMUM, KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT SERTA PENANGGULANGAN BENCANA DAN KEBAKARAN TAHUN 2019″

MISI

Misi  diartikan sebagai alasan keberadaaan organisasi, dimana merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah agar Visi Organisasi dapat tercapai dan berhasil baik.

Untuk pencapaian tersebut, maka disusun Misi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis, yaitu:

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur Polisi Pamong Praja Menuju Tegaknya Peraturan Daerah;
  2. Mewujudkan Tata Kelola Pemeliharaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat yang Optimal;
  3. Menumbuhkan Peran Aktif Satuan Perlindungan Masyarakat Menuju Terwujudnya Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat;
  4. Tercapainya Profesionalisme Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis.