Keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja menurut  Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Satuan Polisi Pamong Praja masuk kedalam Bidang Pemerintahan Umum yang melaksanakan kewenangan daerah dibidang pengembangan otonomi daerah dan sebagian bidang hukum dan peraturan perundang-undangan.

Peran dan Fungsi Polisi Pamong Praja semakin jelas dan dipertegas dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, yang mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi Penegakan Peraturan Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 17 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 17 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis. Sampai sejauh ini Satuan Polisi Pamong Praja  Kabupaten Ciamis masih dalam tahap penyesuaian terhadap aturan tersebut.

Pada awalnya Satuan Polisi Pamong Praja ruang lingkup Sekretariat Daerah yaitu Bagian Ketertiban. Makin kompleksnya pemeliharaan ketentraman dan ketertiban mendorong perubahan Satuan Polisi Pamong Praja, maka dalam nuansa otonomi daerah dibentuklah Organisasi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis menjadi Kantor. Bahkan seiring dengan perkembangan demokrasi yang akan memberikan dampak semakin kompleksnya permasalahan ketentraman dan ketertiban serta bertambahnya beban tanggung jawab dalam upaya penegakkan Peraturan Daerah, maka dengan terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 17 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis sebagaimana telah dua kali diubah terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 12 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 17 tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis, dan Peraturan Bupati Ciamis  Nomor 58 tahun 2012 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Satuan Polisi Pamong Praja,  bahwa Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis menjadi Satuan Polisi Pamong Praja Tipe A yang dipimpin oleh seorang Kepala Satuan dengan jabatan Eselon II.

Sebagai salah satu  Organisasi Perangkat Daerah,  Satuan  Polisi Pamong  Praja  Kabupaten  Ciamis  memiliki  peran  yang sangat besar dalam  mendukung   tercapainya  rencana   pembangunan  yang    telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis yang pada akhirnya akan mendukung   tingkat capaian   pembangunan   secara   umum  baik  itu terhadap Provinsi maupun tingkat nasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu disusun Rencana Strategis Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis tahun 2014 – 2019 yang merupakan implementasi dari kewenangan yang diamanatkan undang-undang sebagai Penegak Peraturan Daerah, Pemelihara Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

Renstra Satuan Polisi Pamong Praja adalah Rencana 5 (lima) tahunan yang menggambarkan visi,misi,tujuan,sasaran,arah kebijakan dan Program. Sedangkan dokumen perencanaan pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis dituangkan dalam Rencana Kinerja Tahunan,yang merupakan penjabaran dari Renstra sekaligus sebagai media penilaian pelaksanaan Renstra dan atau pertanggungjawaban keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan.

Kedua aspek tersebut diatas pada prinsipnya harus sinergi dengan RPJMD Pemerintah Kabupaten Ciamis 2014-2019.